Peran Paskibraka MAN 2 Jombang dalam Upacara HUT RI Ke -74 di Kabupaten Jombang

Kabupaten Jombang (MAN 2) – Dalam rangka peringatan HUT RI Ke 74 purna paskibraka Indonesia Jombang ( PPI ) menindaklanjuti penyelenggaraan upacara pengibaran bendera merah putih tentang petugas yang mengisi jalannya upacara tersebut. Kegiatan yang akan diadakan PPI Jombang berbentuk penyeleksian paskibraka tingkat SLTA Se-Kabupaten Jombang baik negeri maupun swasta. Dari beberapa CAPASKA yang mendaftar tersudutkan jumlah peserta sebanyak 770 siswa dari SLTA se-Kabupaten Jombang. Proses penyeleksian di dampingi oleh beberapa TNI dan POLRI agar penguasaan teknik penyeleksian dapat maksimal.
Hasil dari tahap dilaksanakannya seleksi, PPI Jombang memutuskan untuk memilih 72 siswa dari 770 siswa yang mendaftar sebagai petugas upacara peringatan HUT RI 2019 dengan perincian 70 diajukan pada kabupaten Jombang, sedangkan 2 yang lain dikirim ke Provinsi Jawa Timur. 70 peserta yang terpilih dalam upacara kabupaten disudutkan menjadi pasukan tujuh belas, pasukan delapan, dan pasukan empat lima dengan jumlah 30 siswa putri dan 40 siswa putra. Alhamdulillah, dari keputusan PPI tersebut 2 siswa MAN 2 Jombang terpilih mejadi petugas upacara di Kabupaten Jombang. Dua siswa tersebut yaitu Azriel Apriansyah Haki dan Gilang Pramana Putra dengan penjelasan Azriel di golongkan sebagai pasukan delapan, yang artinya pasukan pembentang atau pengibar dan Gilang digolongkan sebagai pasukan empat lima yang berada di belakang pasukan delapan.

Azriel dan Gilang dilatih selama lima bulan sebelum upacara di selenggarakan. Mereka dilatih secara maksimal oleh PPI Jombang dan di bantu oleh TNI dan POLRI sehingga dapat menjadi pasukan optimal yang sejati tunduk pada merah putih. Dengan perjalanan yang mengandung tekad dan berbuah hasil yang martabat pihak madrasah memberi penghargaan terhadap Azriel dan Gilang. Sebab usaha tak akan meghianati hasil seperti ungkapan “proses itu tidak ada yang suka, meski semua mengandung duka setidaknya hasil membuat kita bangga dan memperlihatkan pada orang lain agar menghargai prosesnya”. Ujar Azriel saat ditanya perjuangan panjang sebagai pasukan.
MAN 2 Jombang merasa bangga memiliki mereka, karena dapat mengharumkan nama MAN 2 menjadi setara di tingkat pandangan publik dengan SLTA lainnya dalam segi yayasan namun sederajat akan prestasi dan kemampuan. Dari satu titik mereka mencoba lahirkan beberapa mutiara yang merubah titik itu menjadi istimewa. (LF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *