Implementasi Nilai-nilai Pancasila

(MAN 2 Jombang) Hari ini tanggal 1 Oktober 2019, MAN 2 Jombang yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang, memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan melaksanakan upacara bendera.
Upacara bendera yang dilaksanakan dengan hikmat bertujuan untuk memgingatkan kembali seluruh elemen civitas studika kepada sejarah tentang perjuangan para pahlawan untuk mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.
Sarifan, sebagai Pembina upacara memperingatkan akan pentingnya belajar sejarah. Ditambahkan pula, sejarah mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara sangat penting dalam bernegara. Banyak nyawa dari para pahlawan, khususnya pahlawan revolusi. Upacara ini dilaksanakan juga untuk menghormati jasa para pahlawan, para pejuang dalam mempertahankan Pancasila.

Peristiwa G 30 S PKI yang meninggalkan duka yang mendalam bagi bangsa Indonesia menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam perjuangan mempertahanlan Pancasila sebagai ideologi. Lebih jauh, Sarifan mengingatkan pentingnya mengaplikasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengamalkan Pancasila diharapkan dapat tercapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan Indonesia mendapatkan ridho Allah.
mkunsarwani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *