Workshop Kewirausahaan (Batik Tulis dan Batik Cap) di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang

Sabtu, 28 September 2019

Sebuah kegiatan yang fenomenal dan belum pernah ada sebelumnya, telah digelar di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jombang. Kegiatan tersebut adalah Workshop Kewirausahaan Batik yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 September 2019. Setelah pelaksanakan kegiatan apel pagi rutin, kami memulai kegiaan ini dari jam delapan pagi hingga jam empat sore. Workshop yang diadakan di Ruang Pertemuan MAN 2 Jombang ini diikuti oleh para peserta didik pilihan dari Kelas X, X1, dan XII yang berjumlah 45 orang, ditambah para pemberi materi, Bpk. Sutrisno dan Bapak Ibu guru Pembina lainnya.

Kegiatan Workshop tersebut bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada para Peserta Didik tentang bagaimana cara membatik dengan teknik tulis maupun teknik cap, serta langkah – langkah mewarnai batik hingga proses pengeringan batik atau finishing. Diharapkan dari pelatihan ini, peserta didik mendapat pembekalan ilmu dan pengetahun membatik yang cukup agar ke depannya menjadi bekal bagi mereka untuk mengembangkan wirausaha di MAN 2 Jombang. Madrasah berkeinginan untuk menghasilkan produk batik sendiri dengan desain khas madrasah hasil karya peserta didik sendiri.

Semua peserta yang mengikuti kegiatan tersebut mulai berkumpul di Ruang Pertemuan diikuti oleh para bapak dan ibu guru dan juga para pemberi materi. Di awali dengan membaca doa bersama, lalu pemberian sambutan – sambutan kepada kepala madrasah, para bapak dan ibu guru sekaligus apresiasi oleh para siswi yang telah merancang design batik bertemakan ‘Flora dan Fauna’ yang nantinya akan menjadi icon dari MAN 2 Jombang, mereka adalah Nur Hidayati dari kelas X Bahasa, Nabiila Brilliant dari kelas X IPS 3, dan Shofiqotul Ainia dari kelas X IPS 4 hingga ke rangkaian acara terakhir yaitu praktik membatik teknik tulis dan mewarnai.

Dalam kegiatan workshop tersebut, Kepala Madrasah MAN 2 Jombang, Bpk. H. Musthofa, S.Pd, M.Pd. memberikan beberapa pengarahan dan motivasi tentang bakat dan pemanfaatan batik dalam hal pelestarian. Beliau juga menyampaikan betapa bangganya ketika nanti batik hasil kreativitas dari para siswi MAN 2 Jombang akan dikenal luas di masyarakat. Selanjutnya para peserta berpindah tempat di halaman sekolah untuk melakukan praktik membatik dan mewarnai bersama para pemberi materi. Siswa dan siswi dibagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok berjumlah lima orang yang akan diberikan masing – masing lima kain batik hasil karya para siswi yang telah diberi malam, tugas mereka adalah mewarnai lima kain batik tersebut. Di samping itu ada pula beberapa siswa dan siswi yang mendapat bagian untuk membatik dengan teknik tulis. Proses pewarnaan kain berlangsung sangat lama, mulai dari penguncian warna, mencuci kain, pewarnaan (block), hingga proses terakhir yaitu pengeringan. (Nabiila Brilliant C)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *