Donor Darah di MAN 2 Jombang


Kab. Jombang (MAN 2) – Dalam rangka memperingati HAB (Hari Amal Bakti) Kementrian Agama Kabupaten Jombang ke-74, Kementerian Agama Kabupaten Jombang bekerjasama dengan PMI mengadakan kegiatan donor darah yang melibatkan beberapa Madrasah di Jombang. Rabu (18/12), giliran MAN 2 Jombang di lingkungan Pondok Pesantren Darul Ulum..

MAN 2 Jombang yang selama 2 tahun terakhir tidak pernah mengadakan kegiatan donor darah,pada tahun ini menjadi salah satu madrasah yang dipilih oleh petugas PMI untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Kegiatan ini dikuti oleh guru, karyawan dan siswa-siswi MAN 2 Jombang selain itu juga di ikuti oleh beberapa pimpinan Unit yang ada di lingkungan Pondok Pesantren Darul Ulum seperti MIN, MTSN dan juga MTSN 6 Jombang.

Warga MAN 2 Jombang begitu antusias untuk mendonorkan darah mereka, terutama para ustadz dan ustadzah.

“saya suka mendonorkan darah karena setelahnya nafsu makan saya bertambah dan saya merasa daya tahan tubuh saya menjadi lebih kuat,” ungkap Alan Pramudita Hasan siswa yang ikut berpartisipasi sebagai pendonor darah.

Sesuai pernyataan tersebut membuktikan bahwa donor darah memiliki manfaat yang sangat berpengaruh pada tubuh seperti , tensi darah dan nilai hemoglobin menjadi stabil, regenerasi sel darah merah,dan jantung jadi lebih sehat. Selain itu, kegiatan donor darah tentunya bermanfaat untuk menambah pasokan kantong darah di PMI Jombang.

Sayangnya, donor darah ini tidak bisa diikuti oleh semua orang, ada syarat – syarat tertentu yang harus dipenuhi. Sesuai dengan penuturan Pak Agus yang merupakan salah satu petugas PMI ”Untuk bisa mendonorkan darahnya pendonor harus berusia 17 tahun keatas, tidak sedang mengonsumsi obat, berat badan minimal 45kg, untuk wanita terdapat syarat khusus yaitu, tidak dalam masa haid, hamil maupun menyusui. Apabila tidak memenuhi kriteria tersebut, ditakutkan setelah mendonorkan darahnya ,pendonor akan merasa mual, pusing, dan gejala anemia.” (NURIS XI Bahasa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *