Perpustakaan

Perpustakaan MAN 2 Jombang

Perpustakaan MAN 2 Jombang, merupakan tempat literasi Madrasah yang dibangun dalam rangka menggalakkan budaya membaca untuk warga MAN 2 Jombang. Perpustakaan ini juga merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar di Madrasah. Dan juga berfungsi sebagai pusat belajar-mengajar, pusat informasi, pusat penelitian sederhana dan rekreasi sehat melalui bacaan hiburan.

Perpustakaan MAN 2 Jombang berada dibawah naungan Pondok Pesantren Darul Ulum dan dibiayai serta dioperasikan oleh institusi MAN 2 Jombang. Merupakan perpustakaan modern yang berbasis teknologi, perpustakaan MAN 2 Jombang telah menggunakan absensi digital untuk visitor dan sistem otomasi untuk pendataan buku, pencarian, serta peminjaman dan pengembalian buku. Perpustakaan MAN 2 Jombang juga di fungsikan sebagai tempat penyimpanan dan atau akses ke mapcetak atau hasil seni lainnya, mikrofilmmikrofichetape audioCDLPtape video dan DVD. Selain itu, perpustakaan ini juga menyediakan fasilitas umum untuk mengakses gudang data CD-ROM dan internet.

Karena Perpustakaan berada dibawah naungan Pondok Pesatren Darul Ulum dan institusi MAN 2 Jombang, maka  perpustakaan dijalankan dengan keinginan dan kebutuhan dari yayasan dan institusi tersebut. Untuk itu, perpustakaan MAN 2 Jombang memiliki Visi dan Misi yang di selaraskan dengan kebutuhan yayasan dan institusi MAN 2 Jombang.

VISI

  1. Menjadikan perpustakaan MAN 2 Jombang sebagai jantung pembelajaran, pusat layanan informasi dan ilmu pengetahuan dengan standar pengelolaan yang berlaku.
  2. Sebagai sumber belajar warga sekolahguna mendukung kegiatan belajar mengajar yang terdepan sebagai investasi sumber daya pengetahuan yang cukup lengkap.
  3. Memberikan layanan kepada civitas akademika dan pengguna perpustakaan secara luas, dan ikut merealisasikan visi-misi serta suksesnya program utama perpustakaan sekolah yaitu sebagai jantung pembelajaran ilmu pengetahuan seluruh warga Madrasah.

MISI

  1. Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia.
  2. Pengembangan Sumber Daya Informasi Tercetak dan Elektronik.
  3. Pengembangan Layanan prima berbasis computer.
  4. Melaksanakan layanan perpustakaan ter-automasi.
  5. Mengelola informasi serta menyebarluaskan informasi.
  6. Mewujudkan kualitas dan kuantitas buku bacaan dan referensi.
  7. Melayani semua warga Madrasah dengan layanan prima,
  8. Menerapkan administrasi pustaka yang professional dan akuntabel.